Puasa Rajab Dalam Komentar Ulama - MENEMBUS BATAS
Headlines News :
Home » » Puasa Rajab Dalam Komentar Ulama

Puasa Rajab Dalam Komentar Ulama

Written By Reng Dhisah on Rabu, 23 Mei 2012 | Rabu, Mei 23, 2012

I. Majlis al-Islami lil-Iftaa – Baitul Maqdis : Puasa Bulan Rajab
 

Majlis al-Islami li-Iftaa – Baitul Maqdis merupakan dewan fatwa yang ada di Baitul Maqdis, Palestina. Dewan fatwa tersebut pernah ditanya mengenai puasa di bulan Rajab. Berikut inti sari jawaban fatwa yang dikeluarkan :

Pendapat jumhur Fuqaha’ dari kalangan madzhab Hanafiyah (Abu Hanifah), Malikiyah (Malik bin Anas), Syafi’iyah (Muhammad bin Idris) menyatakan kesunnahan puasa pada bulan-bulan yang dimulyakan (Asyhurul Hurum) dan bulan Rajab termasuk Asyhurul Hurum.

Telah dikeluarkan fatwa didalam Al-Fatawa al-Hindiyah (1/202) : “Puasa-puasa yang dianjurkan diantaranya adl puasa Muharram, puasa Rajab, puasa Sya’ban dan puasa ‘Asyura’”.

Dan juga disebutkan didalam Al-Khulashah al-Fiqhiyyah (1/89) karya al-Qarawi, “Sunnah : puasa Rajab”.  Al-Nafrawi didalam al-Fawakihud Dawani (8/40) juga berkata : “Diantara bulan yang dianjurkan berpuasa adalah bulan Rajab”.

Imam An-Nawawi didalam al-Majmu’ (6/386) mengatakan : “Ulama Syafi’iyah kami berkata: termasuk diantara puasa yang disunnahkan adalah puasa Asyhurul Hurum yaitu Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab, sedangkan tingkatan yang lebih utama adalah puasa Muharram. Ada juga ulama kami yaitu Al-Ruyani didalam kitab al-Bahr yang mengatakan kalau tingkatan yang lebih utama itu puasa Rajab, namun ini tidak tepat berdasarkan hadits Abu Hurairah yang nanti akan kami sebutkan, InsyaAllah Ta’alaa : (Puasa yang lebih utama setelah Ramadlan adalah bulannya Allah, bulan Muharram)”.

Setidaknya ada 6 hujjah yang disebutkan oleh Majelis al-Islami lil-Iftaa Baitil Maqdis didalam fatwanya, antara lain : ..




Karena banyak yang cukup tertarik dengan fatwa ini. Maka saya alihkan lanjutan tulisan ke website dimana tulisan ini saya kirim yaitu http://www.madinatuliman.com/artikel-islami/fatawa/fatwa-ulama/179-komentar-ulama-hukum-puasa-bulan-rajab.html 


Sebelumnya saya posting ini di group fb berikut ini, namun tanpa dikoreksi/dibaca ulang terlebih dahulu, sehingga beberapa ada yang salah ketik.
  • https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/419515214737959/?notif_t=like
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Kata-Kata Indah Mutiara Penuh Pesona dan Romantisme Cinta
Menembus Batas
Supported: Mas Kolis dot Com