Petikan Kalam Hikmah Aimmah - MENEMBUS BATAS
Headlines News :
Home » » Petikan Kalam Hikmah Aimmah

Petikan Kalam Hikmah Aimmah

Written By Reng Dhisah on Rabu, 11 Mei 2011 | Rabu, Mei 11, 2011


العلم علمان: علم الفقه للأديان،
وعلم الطب للأبدان 

“Ilmu itu ada 2 macam, pertama adalah ilmu Fiqh untuk kepentingan agama, dan kedua adalah ilmu pengobatan untuk kesehatan badan” (Imam Al Syafi'i rahimahullah) 

الفقه معرفة النفس ما لها وما عليها
ما العلم إلا للعمل به، والعمل به ترك العاجل الآجل

“Ilmu Fiqh adalah ma’rifatun nafs (mengetahui kebutuhan untuk diri sendiri) tentang yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat. Tiada ilmu kecuali untuk beramal dengannya, dan beramal dengannya adalah dengan meninggalkan keduniaan demi kehidupan akhiratnya” (Imam Abu Hanifah rahimahullah)

فـساد كـبير عـالم مـتهتـك ... وأكـبر منه جاهل متنسك

“Celaka orang yang besar yaitu orang alim yang tidak mengamalkan ilmunya .... dan lebih celaka lagi yaitu orang jahil yang melakukan ibadah” (Imam Burhanuddin Az-Zarnuji)

من طلب العلم للمعاد ...  فاز بفضل من الرشاد
فـيالخسـران طالـبيـه ...  لـنيل فـضل من العباد

"Siapa yang menuntut ilmu karena urusan akhirat, maka beruntunglah dia dengan memperoleh keutamaan dari perkara yang benar"

"Aduhai.. hendaklah kalian semua mengetahui tentang betapa ruginya seorang pencari ilmu, karena mengharap keutamaan (kemulyaan) dari manusia-manusia lainnya". (Imam Qiwamuddin Ibrahim al-Shaffar al-Anshary)

شاور فى أمرك الذين يخشون الله تعالى

“Hendaklah engkau memusyawarahkan perkara-perkaramu kepada orang-orang yang benar-benar takut kepada Allah” (Imam Ja'far al-Shadiq)

ألا لـن تنــال الــعـلم إلا بســتة ...  سأنبيك عن مجموعها ببيان
ذكاء وحرص واصطباروبلغة ... وإرشاد أستاذ وطـول زمان

“Ingat-ingatlah, ilmu tidak akan diperoleh kecuali dengan 6 hal ... aku akan menjelaskan kepada engkau dari semuanya secara jelas”

“Pertama, cerdas, kedua, tamak (dalam mencari ilmu), ketiga, sabar (atas ujian), keempat, memiliki biaya ... kelima, ada guru yang menunjukkan yang bena, dan keenam lamanya masa (zaman)” (Amirul Mukminin 'Ali karramallahu wajhah)

عن المرء لا تسل وأبصر قرينه ... فـإن الـقرين بالمـقارن يقــتـدى
فـإن كـان ذا شر فــجـنبه سرعـة ... وإن كان ذا خير فقارنه تهـتدى

“Janganlah engkau tanyakan tentang seseorang, namun lihatlah orang-orang yang ada disekelilingnya ... sebab teman dengan teman dekat disekelilingnya saling terkait (mengikuti)”

“Apabila teman dekatnya berperilaku buruk, maka menjauhlah secara cepat .... apabila baik maka dekatilah (bertemanlah) niscaya engkau akan mendapat petunjuk”.
لا تصحـب الكسلان فى حـالته ... كـم صـالــح بفـسـاد آخــر يفسـد
عدوى البليد إلى الجليد سريعة ... كالجمر يوضع فى الرماد فيخمد

“Janganlah engkau bersahabat dengan orang malas didalam tingkah lakunya, karena betapa banyak orang shalih yang rusak disebabkan rusaknya yang lain (temannya) “

“Permusuhan orang bodoh terhadap orang alim itu cepat, laksana meletakkan bara dalam tumpukan abu, maka bara langsung mati".

Petikan kalam hikmah ini di ambil dari kitab Ta'lim al-Muta'allim

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Kata-Kata Indah Mutiara Penuh Pesona dan Romantisme Cinta
Menembus Batas
Supported: Mas Kolis dot Com